London City Hall

City Hall merupakan ruang pertemuan dan perkantoran bagi staf GLA (Greater London Authority) yang menjadi landmark baru pada kota London. Bangunan ini merupakan bagian dari perkembangan kota London yang terletak antara London Bridge dan Tower of London, di bagian selatan sungai Thames. Bangunan 10 lantai ini memiliki tinggi 45 meter dengan luas lantai 18.000m2.

Konsep dari bangunan ini yaitu sebagai ekspresi transparansi dari proses demokrasi dan menginginkan untuk membuat bangunan publik yang berkelanjutan dan tidak menimbulkan polusi.

3b

Ruang pertemuan menghadap ke arah utara, di seberang sungai Thames dan Tower of London, dengan penutup kaca yang memungkinkan warga London untuk melihat majelis pemerintahan ini ketika bekerja. Di lantai atas terdapat ruang – disebut sebagai “London Living Room” – yang dapat digunakan untuk pameran atau untuk perjamuan, dan pada bagian atap, terdapat teras yang menyediakan pemandangan kota London.

3c

Pada dasar bangunan terdapat sebuah ruang terbuka dan kafe yang bisa menikmati view ke arah sungai. Lift dan ramp mendukung aksesibilitas di dalam bangunan. (Merkel, 2003)

3d

Kebutuhan ruang pada bangunan ini terbagi dua, yakni kebutuhan publik dan kebutuhan pekerja kantor. Di sini arsitek mencoba untuk membuat pemisahan antara ruang yang dapat dikunjungi publik dan ruang khusus pekerja kantor, namun pemisahan tersebut tetap berkonsep pada transparansi, karena pengunjung dapat melihat kegiatan pegawai pemerintahan ketika bekerja. Jika dilihat dari gambar potongan, ruang terbagi menjadi dua, di sebelah utara dapat dikategorikan sebagai ruang organik, karena ruang tersebut merupakan ruang yang continuous dengan ramp spiral yang merefleksikan pertumbuhan pada cangkang keong.

3e

Bentuk London City Hall yang bulat seperti telur merupakan strategi untuk meminimalisir area permukaan yang terekspos cahaya matahari langsung sekaligus memberikan cahaya matahari masuk ke dalam bangunan. Bentuknya secara geometris didapat dari bentuk bola yang dimodifikasi, dikembangkan dengan menggunakan teknikmodelling komputer. Overhang pada bagian selatan bangunan untuk menghasilkan shading untuk latai dibawahnya. Di bagian utara bangunan panel-panel transparan berbentuk segitiga terbuka mengarah ke pemandangan sungai. Analisis dari pola persebaran cahaya matahari bangunan sepanjang tahun menghasilkan pea thermal pada permukaan bangunan, yang di ekspresikan pada cladding-nya (Merkel, 2003).

3f

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *